15 Oktober 2011

Tulang-Tulang jari

Tulang Jari
Sebanyak dua puluh tujuh tulang merupakan kerangka dasar pergelangan tangan dan tangan. Ini dikelompokkan ke dalam carpals, metacarpals, dan falang.
Pergelangan tangan adalah sendi yang paling kompleks di tubuh. Hal ini dibentuk oleh delapan tulang karpal dikelompokkan dalam dua baris dengan gerakan sangat terbatas di antara mereka. Dari radial untuk ulnaris, baris proksimal terdiri dari os skafoid, berbentuk semi bulan, triquetrum, dan berbentuk kacang tulang. Dalam arah yang sama, baris distal terdiri dari trapezium, segi empat yg dua sisinya sejalan, terjadi, dan bengkok.
Semua tulang-tulang karpal pergelangan berpartisipasi dalam fungsi kecuali untuk os pisiformis, yang merupakan os sesamoid melalui mana tendon fleksor karpi ulnaris melewati. Skafoid berfungsi sebagai penghubung antara setiap baris; karena, itu adalah rentan terhadap patah tulang. Baris distal tulang-tulang karpal sangat melekat pada dasar metacarpals kedua dan ketiga, membentuk unit tetap. Semua struktur lainnya (mobile unit) bergerak dalam kaitannya dengan unit ini stabil. Fleksor retinakulum, yang menempel pada hook berbentuk kacang dan bengkok ulnarly, dan untuk os skafoid dan trapesium radial, bentuk atap terowongan karpal.
Tulang tangan kiri. Sebuah pandangan dorsal, dan B adalah pandangan palmaris.
1.jari-jari,
2. ulna,
3. os skafoid
4 adalah berbentuk semi bulan ini,
5 adalah triquetral,
6 adalah os pisiformis,
7 adalah trapezium,
8 adalah trapesium,
9 adalah berbentuk kepala yang,
10 adalah bengkok yang,
11 adalah tulang metakarpal,
12 adalah falang proksimal,
13 adalah barisan tengah, dan
14 adalah falang distal.
Tangan berisi 5 metakarpal tulang. Setiap metakarpal ditandai sebagai memiliki dasar, poros, leher, dan kepala. Tulang metakarpal pertama (jempol) adalah terpendek dan paling mobile. Hal berartikulasi proksimal dengan trapezium. Yang lainnya 4 metacarpals mengartikulasikan dengan trapesium, terjadi, dan bengkok di pangkalan. Setiap kepala metakarpal berartikulasi distal dengan falang proksimal setiap digit.
Tangan berisi empat belas phalanges. Setiap digit berisi tiga phalanges (proksimal, tengah, dan distal), kecuali untuk ibu jari, yang hanya memfalanghalanges.

Ekstremitas atas terdiri atas tulang skapula, klavikula, humerus, radius, ulna, karpal, metakarpal, dan tulang-tulang phalangs.
1.Skapula
Skapula merupakan tulang yang terletak di sebelah posterior tulang kostal dan berbentuk pipih seperti segitiga. Skapula memiliki beberapa proyeksi (spina, korakoid) yang melekatkan beberapa otot yang berfungsi menggerakkan lengan atas dan lengan bawah. Skapula berartikulasi dengan klavikula melalui acromion. Sebuah depresi (cekungan) di sisi lateral skapula membentuk persendian bola-soket dengan humerus, yaitu fossa glenoid.
2. Klavikula
Klavikula merupakan tulang yang berartikulasi dengan skapula di sisi lateral dan dengan manubrium di sisi medial. Pada posisi ini klavikula bertindak sebagai penahan skapula yang mencegah humerus bergeser terlalu jauh.
3. Humerus
Humerus merupakan tulang panjang pada lengan atas, yang berhubungan dengan skapula melalui fossa glenoid. Di bagian proksimal, humerus memiliki beberapa bagian antara lain leher anatomis, leher surgical, tuberkel mayor, tuberkel minor dan sulkus intertuberkular. Di bagian distal, humerus memiliki beberapa bagian antara lain condyles, epicondyle lateral, capitulum, trochlear, epicondyle medial dan fossa olecranon (di sisi posterior). Tulang ulna akan berartikulasi dengan humerus di fossa olecranon, membentuk sendi engsel. Pada tulang humerus ini juga terdapat beberapa tonjolan, antara lain tonjolan untuk otot deltoid.
4.Ulna
Ulna merupakan tulang lengan bawah yang terletak di sisi medial pada posisi anatomis. Di daerah proksimal, ulna berartikulasi dengan humerus melalui fossa olecranon (di bagian posterior) dan melalui prosesus coronoid (dengan trochlea pada humerus). Artikulasi ini berbentuk sendi engsel, memungkinkan terjadinya gerak fleksi-ekstensi. Ulna juga berartikulasi dengan radial di sisi lateral. Artikulasi ini berbentuk sendi kisar, memungkinkan terjadinya gerak pronasi-supinasi. Di daerah distal, ulna kembali berartikulasi dengan radial, juga terdapat suatu prosesus yang disebut sebagai prosesus styloid.
5.Radius
Radius merupakan tulang lengan bawah yang terletak di sisi lateral pada posisi anatomis. Di daeraha proksimal, radius berartikulasi dengan ulna, sehingga memungkinkan terjadinya gerak pronasi-supinasi. Sedangkan di daerah distal, terdapat prosesus styloid dan area untuk perlekatan tulang-tulang karpal antara lain tulang scaphoid dan tulang lunate.
6.Karpal
Tulang karpal terdiri dari 8 tulang pendek yang berartikulasi dengan ujung distal ulna dan radius, dan dengan ujung proksimal dari tulang metakarpal. Antara tulang-tulang karpal tersebut terdapat sendi geser. Ke delapan tulang tersebut adalah scaphoid, lunate, triqutrum, piriformis, trapezium, trapezoid, capitate, dan hamate.
7. Metakarpal
Metakarpal terdiri dari 5 tulang yang terdapat di pergelangan tangan dan bagian proksimalnya berartikulasi dengan bagian distal tulang-tulang karpal. Persendian yang dihasilkan oleh tulang karpal dan metakarpal membuat tangan menjadi sangat fleksibel. Pada ibu jari, sendi pelana yang terdapat antara tulang karpal dan metakarpal memungkinkan ibu jari tersebut melakukan gerakan seperti menyilang telapak tangan dan memungkinkan menjepit/menggenggam sesuatu. Khusus di tulang metakarpal jari 1 (ibu jari) dan 2 (jari telunjuk) terdapat tulang sesamoid.
8. Tulang-tulang phalangs
Tulang-tulang phalangs adalah tulang-tulang jari, terdapat 2 phalangs di setiap ibu jari (phalangs proksimal dan distal) dan 3 di masing-masing jari lainnya (phalangs proksimal, medial, distal). Sendi engsel yang terbentuk antara tulang phalangs membuat gerakan tangan menjadi lebih fleksibel terutama untuk menggenggam sesuatu.

Tidak ada komentar: