21 Maret 2012

Teori Lengkap Teori Gestalt, Von Bertalaffy, Caplan, De Chardian Mark

1.     Teori Gestalt
Teori gestalk ini ialah sebuah teori yang menjelaskan proses persepsi melalui pengorganisasian komponen-komponen sensasi yang memiliki hubungan, pola atau pun kemiripian menjadikan kesatuan. Teoari Gestalt berposisi tehadap teori strukturalisme. Teori Gestalt cenderung berupaya mengurangi pembagian sensasi menjadi bagian-bagian kecil.
a). Sejarah Teori Gestalt
teori ini dibangun oleh tiga orang, mereka menyimpulkan bahwa seseorang cendrung mempersepsikan apa yang terlohat dari lingkungan sebgai kesatuan yang utuh.
b). Penggunaan Teori Gestlt
teori ini banyak dipakai dalam proses desain dan cabang seni seupa lainnya. Karena banyak menjelaskan bagaimana persepsi visual bisa terbentuk persepsi, jenis ini bisa terbentuk karena:
1). Kedekatan posisi
2). Kesamaan bentuk
3). Penutupan bentuk
4). Kesenambungan pola
5). Kesamaan arah gerak

2.     Teori Von Bertalaffy
Teori Von Bertalaffy adalah ubtuk membawa bersama-sama dibawah kesatuan pos ilmu terapi keluarga didasarkan pada teori system (Von Bertalaffy, 1968) yang terdiri dari tiga prinsip:
a). Pertama
adalah kausalita sirkular, artinya peristiwa hubungan dan saling bergantungan bukan, ditentukan dalam sebab satu arah, asfek penghubung.
b). Kedua
            ekologi mengatakan bahwa sistem hanya dapat dimengerti sebgai pola itegrasi, tidak sebagai kumpulan dari begaian komponen. Dalam sistem keluarga perubahan prilaku salah-satu anggota akan mengetahui yang lain.
c). Ketiga
            adalah subjektivitas yang artinta tidak ada pandangan yang objektif terhadap satu masalah, tiap anggota keluarga mempunyai persepsi sendiri dari masalah keluarga.

            Penemu teori sistem umum adalah seorang ahli biologi, van bertalanffy, yang mulai menulis tentang general sistem theory sekitar tahun 1972. Van Bertalanffy menyarankan, bahwa pemahaman terhdapa bagian-bagian dengan tindakan cukup. Artinya penting sekali untuk memahamai hubungan antara bagian-bgaian tersebut. Bagiannya, general sistem theory adala suatau bidang logie mathematical field yang bertugas memformulasikan dan mendapatkan prisip-prinsi umumnya.

3.     Teori Caplan
Akan Menurut konsep ini seseorang akan mengalami gangguan jiwa atau menyimpan prilaku apabila banyaknya fakor social dan faktor lingkungan yang akan memicu stress, which cause antxiety an system.
Prinsip proses terapi yang snagat penting dalam konsep model ini ialah enviroment menipulation and social support. Peran perawat dalam memberikan terapi menurut model ini adalah pasien harus menyampaikan masalah menggunakan sumber yang ada di masyarakat  melibatkan teman sejawat, atasan keluarga taau seuami-istri. Sedangkan therapist berupaya: menggali sisetemn sosial klien seperti seuasana diruman, dikantor, disekola, dimasyarakat atau tempat kerja.

4.     Teori Hains Selya
Sindrom adaptasi umum atai teori selya, menggambarkan stress sebagian eharusan yang terjadi pada tubuh tanpa memperdulikan apakan penyebannya tersebut, positif atan negatif rspon tubuh dapat diprediksikan tanpa memperhatikan stress atau penyebab tertentu. Stress menurut Hains Selya dalam buku Hawari (2001) menyatakan bahwa sterss adalah respon tubuh tanf sifatnya non spesifik tehadap setiap tntutan evasa atasannya.

5.     Teori De Chardian Mark
Teilhard De Chardian Mark (1881-1955), merintis pandangan luas, mendalam adan ilmiag mengenai asal dan tujuan manusia dalam kalangan agama. Menurutnya, evolusi tidak maju secara mekanistik, tidak hanya karena seleksi dan mulasi, melainkan atas dasar kesadaran yang makin berkembang ia membedakan dalam setiap benda dua segi yang saling berjalan, yaitu segi luar dan segi dalam.
            Yang dimaksud dengan sgi luar alah selurug benda sejauh dapat idukur, diperiksa secara fisikan dan kimia, ada pun yang di maksud dengan segi dalam adalah konsenterasi psikis, inti kecendrungan dari benda itu dan faktor penyatuan. Konsentrasi spsikis itu disebutnya “kesadaran’ kesadaran tampak paling jelas dalam diri manusia, Namun ada juga pada Binatang.

Tidak ada komentar: